Obat Batu Saluran Kemih



Iklan Single (Bawah Judul)

Definisi Batu Saluran Kemih

Ini adalah zat atau benda (massa) yang keras menyerupai batu yang terbentuk di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) serta bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan, infeksi, rasa nyeri dan juga perdarahan. Batu pada saluran kemih ini pembentukannya bisa pada ginjal atau di dalam kandung kemih.

Penyebab Batu Saluran Kemih

Batu tersebut bisa terbentuk karena air kemih yang jenuh dengan garam yang kemudian mengeras dan membentuk batu, atau bisa juga karena air kemih kekurangan zat penghambat pembentukan batu. Komposisi batu saluran kemih sebagian besar adalah kalsium, dan sebagian kecil lainnya terdiri dari berbagai zat seperti asam urat dan mineral struvit.

Batu pada saluran kemih bis berukuran macam-macam, mulai dari berupa serbuk yang tidak bisa dilihat kasat mata aatau sampai dengan ukuran 2.5 cm lebih.

Gejala Batu Saluran Kemih

Untuk jenis batu saluran kemih yang masih berukuran kecil bisa tidak menyebabkan berbagai gejala apapun. Sedangkan pada batu yang berukuran lebih besar ini bisa menyebabkan rasa nyeri pada perut bawah dan juga pada punggung bagian bawah, rasa nyeri bisa sangat berat (kolik renalis). kolik renalis ini akan ditandai dengan adanya nyeri hebat yang hilang timbul pada lokasi antara tulang rusuk dan pinggang, kemudian nyeri bisa menjalar ke arah kemaluan, perut atau pada paha sebelah dalam.

Gejala lainnya yang disebabkan dengan adanya batu pada saluran kemih ini bisa berupa demam, tubuh menggigil, mual, muntah, perut membesar dan air kencing yang tercampur darah. Penderita juga bisa kemudian menjadi lebih sering buang air kecil.

Bila batu menyumbat saluran kemih, ini bisa menyebabkan bakteri terperangkap dan terjadi infeksi. Bila penyumbatan terus berlangsung, ini akan menyebabkan air kemih berbalik arah menuju ke ginjal, dan ini akan menyebabkan pembesarn pada ginjal yang pada akhirnya bisa merusak ginjal.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Obat Batu Saluran Kemih" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pengobatan Penyakit - Pengobatan123.com, dalam kategori Penyakit Ginjal. Melalui permalink http://pengobatan123com.blogspot.com/2013/02/obat-batu-saluran-kemih.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Kamis, 28 Februari 2013, pukul 08.08. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

alt/text gambar

Post Pilihan 3