Fibroid



Iklan Single (Bawah Judul)

Pengertian Fibroid

Ini adalah penyakit dimana terjadi pertumbuhan tumor jinak pada dinding rahim yang terdiri dari otot dan jaringan fibrosa. Biasanya yang menjadi penderita adalah wanita dewasa yang berkulit hitam. Ukuran dari tumor ini bervariasi, mulai dari yang tak terlihat sampai sebesar buah semangka.

Penyebab Fibroid

Hingga sekarang belum dapat dipastikan mengenai penyebab penyakit ini, namun ada dugaan bahwa penyakit ini dikarenakan gangguan pada hormon estrogen. Dan penyakit ini biasanya pertumbuhan tumor akan bertambah besar selama kehamilan atau mengecil setelah menopause. Dan selama penderita masih mengalami siklus menstruasi, kemungkinan ukuran tumor akan terus bertambah meskipun lambat.

Gejala Fibroid

Meskipun ukurannya besar, fibroid mungkin tidak menimbulkan gejala. Namun jka ada gejala, maka itu tergantung kepada jumlah, ukuran, dan lokasinya terjadinya di rahim. Dan gejala tersebut diantaranya adalah perdarahan yang dialami saat penderita sedang menstruasi.

Diagnosa Fibroid

Tujuan dari metode diagnosis adalah menemukan penyebab dan gejala melalui hasil pemeriksaan fisik. Dan pemeriksaan itu dilakukan pada daerah panggul dan rahim yang akan teraba semakin membesar atau terdapat massa padat dengan bentuk yang tidak beraturan. Secara medis, nama pemeriksaan ini adalah biopsi jaringan endometrium, histeroskopi, usg transvagina atau usg panggul, dan laparoskopi panggul.

Pengobatan Fibroid

Setelah hasil diagnosis ditemukan maka kemudian dilanjutkan dengan langkah pengobatan, dimana biasanya jika penyakit ini masih termasuk ringan maka tidak memerlukan pengobatan terlalu spesifik, tetapi penderita tetap harus menjalani pemeriksaan rutin setiap 6-12 bulan. Dan jika penyakit ini sudah termasuk berat maka harus segera dilakukan pembedahan dengan memperhatikan beberapa hal seperti tingkatan penyakit, usia penderita, status kehamilan, dan rencana kehamilan.


Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Fibroid" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pengobatan Penyakit - Pengobatan123.com, dalam kategori penyakit kelenjar. Melalui permalink http://pengobatan123com.blogspot.com/2013/02/fibroid.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Minggu, 17 Februari 2013, pukul 23.35. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

alt/text gambar

Post Pilihan 3