Ulkus Dekubitu



Iklan Single (Bawah Judul)


Pengertian Ulkus Dekubitus

Yang dimaksudkan dengan Ulkus Dekubitus adalah kerusakan kulit yang terjadi akibat kekurangan aliran darah dan iritasi pada kulit yang menutupi tulang yang menonjol, dimana kulit tersebut mendapatkan tekanan dari tempat tidur, kursi roda, gips, pembidaian atau benda keras lainnya. Ulkus Dekubitus adalah penyakit yang terjadi pada manusia dimana terdapat penonjolan tulang, yaitu sikut, tumit, pinggul, pergelangan kaki, bahu, punggung dan bagian belakang kepala. 

Penyebab Ulkus Dekubitus

Penyebab Ulkus Dekubitus adalah kulit yang mengalami kekurangan oksigen pada mulanya akan tampak merah dan meradang lalu membentuk luka terbuka. 

Gejala Ulkus Dekubitus

Ulkus dekubitus kebanyakan menyebabkan nyeri dan gatal-gatal; tetapi jika terdapat gangguan pada indera perasa, ulkus yang dalampun tidak menimbulkan nyeri.

Diagnosa Ulkus Dekubitus

Mendiagnosa penderita ulkus dekubitus harus ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. 

Cara Mengobati Ulkus Dekubitus

Cara mengobati ulkus dekubitus lebih sulit bila dibandingkan dengan cara-cara mencegahnya. Pada stadium awal, ulkus biasanya membaik dengan sendirinya setelah tekanan dihilangkan. Menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi protein dan kalori tambahan bisa mempercepat penyembuhan. Jika kulit terluka sebaiknya ditutup dengan perban. Agar tidak melekat pada luka, gunakan perban yang dilapisi teflon atau mengandung jeli minyak. Untuk ulkus yang lebih dalam, digunakan perban yang mengandung bahan yang menyerupai gelatin, yang bisa membantu pertumbuhan kulit yang baru. Jika luka mengalami infeksi atau mengeluarkan nanah, sebaiknya dibersihkan dengan sabun atau gunakan cairan desinfektan (misalnya povidon-iodin). 


Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Ulkus Dekubitu" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pengobatan Penyakit - Pengobatan123.com, dalam kategori penyakit kulit. Melalui permalink http://pengobatan123com.blogspot.com/2013/03/ulkus-dekubitu.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Rabu, 27 Maret 2013, pukul 02.06. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

alt/text gambar

Post Pilihan 3