Obat Gingivitis (radang gusi)



Iklan Single (Bawah Judul)

Definisi dan Pengertian Gingivitis (radang gusi)

Ini adalah peradangan yang terjadi pada bagian gusi gigi, penyakit ini bisa terjadi kapan saja sejak gigi mulai tumbuh.

Penyebab Gingivitis (radang gusi)

Penyakit peradangan gusi ini kebanyakan penyebabnya adalah adanya plak yang tertinggal pada garis gusi, bisa terjadi karena ketika membersihkan gigi tidak dengan benar dan tidak bersih.

Plak adalah suatu lapisan yang didalamnya terkandung banyak bakteri. Plak ini seringkali menempel pada tambalan gigi yang salah atau pada lokasi gigi yang letaknya disamping gigi palsu yang jarang dibersihkan.

Plak ini adalah penyebab Gingivitis (radang gusi) yang paling utama. Bila plak dibiarkan dan tidak dibersihkan, selang waktu 72 jam atau lebih kemudian ini akan menjadi keras dan membentuk kalkulus atau karang gigi.

Gingivitis (radang gusi) semakin buruk kondisinya bila ada kondisi seperti kehamilan, pemakaian pil KB dan masa pubertas.

Jenis obat tertentu bisa menyebabkan plak menjadi lebih susah untuk dibersihkan karena gusi tumbuh secara berlebihan.

Pada orang yang mengalami kekurangan jenis vitamin C juga akan lebih mudah terkena Gingivitis (radang gusi), gusi menjadi lebih mudah berdarah dan juga terjadi peradangan.

Gejala Gingivitis (radang gusi)


* Pada jenis gingivitis simplek, pada bagian gusi akan terlihat memerah, terjadi pembengkakan dan juga akan lebih mudah berdarah, terutama ketika sedang menggosok gigi atau ketika seseorang sedang makan. Bahkan darah bisa keluar ketika penderita sedang tidur, dan meninggalkan bekas darah pada bantal.

* Gingivostomatitis herpetik akut, ini adalah peradangan pada gusi akibat adanya virus, selain itu juga bisa menyebabkan infeksi pada lokasi lain di dalam mulut. Pada jenis ini akan menyebabkan gusi menjadi berubah warna menjadi merah terang, atau muncul banyak luka yang terbuka dengan warna kekuningan atau putih pada mulut.

* Gingivitis yang terjadi pada penderita leukemia, ini adalah menjadi pertanda awal adanya leukemia pada seperempat penderita anak-anak. Terjadi penyusupan leukemia pada lokasi gusi akan menyebabkan peradangan pada gusi, dan juga pengaruh dari buruknya sistem kekebalan tubuh penderita akan semakin memperberat kondisi penyakit. Perdarahan pada gusi yang dialami oleh penderita leukemia biasanya tidak mudah membeku atau terhenti.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Obat Gingivitis (radang gusi)" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pengobatan Penyakit - Pengobatan123.com, dalam kategori Penyakit gigi. Melalui permalink http://pengobatan123com.blogspot.com/2013/03/obat-gingivitis-radang-gusi.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Senin, 18 Maret 2013, pukul 10.27. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

alt/text gambar

Post Pilihan 3