Obat Alergi & Intoleransi Makanan



Iklan Single (Bawah Judul)


Definisi dan Pengertian Alergi & Intoleransi Makanan

Alergi makanan adalah suatu gejal tertentu yang timbul akibat adanya respon dari kekebalan tubuh setelah seseorang makan jenis makanan tertentu. Intoleransi makanan adalah efek yang ditimbulkan ketika seseorang makan makanan jenis tertentu, dan ini bukan merupakan alergi.

Penyebab Alergi & Intoleransi Makanan

Pada kondisi tubuh seseorang yang dalam keadaan normal, sistem kekebalan tubuh akan menjadi benteng pertahanan terhadap adanya zat tertentu yang berbahaya terhadap tubuh, misalnya dengan adanya bakteri, virus atau racun. kadang respon dri sistem kekebalan tubuh juga bisa terpicu oleh suat zat tertentu (alergen) yang bisa menyebabkan alergi dan biasanya kondisi ini tidak berbahaya.

Penyebab alergi karena jenis maknaan secara jelas tidak dapat dipastikan, dn alergi akibat makanan pada masing-masing orang akan menunjukan gejala yang berbeda. Rekasi tubuh terhadap makanan tertentu, untuk masing-masing orang juga akan berbeda tergantung pada berat serta jenis reaksi yang terjadi.

Pada alergi makanan, setelah makanan penyebab alergi terserap dalam pencernaan, kemudian tubuh dengan sistem kekebalannya akan melepaskan antibodi dan zat terntu sebagai reaksi terhadap masuknya zat tertentu melalui makanan tersebut. Kemudian ini menimbulkan gejala, pada bebeberapa loaksi tubuh, bisa dengan segera atau selang beberapa waktu kemudian, biasanya tidak lebih dari 2 jam.

Pada masing-masing orang, jenis makanan penyebab alergi tidak sama, dan beberapa diantaranya adalah:
* Jenis kerang atau makanan laut lainnya.
* Kacang-kacangan.
* Buah tertentu.
* Makanan dengan pewarna atau penyedap makanan.

Gejala Alergi & Intoleransi Makanan

Gejala bisa terjadi segera setelah seseorang makanan makanan tertentu yang bisa menyebabkan alergi, misalnya bisa berupa:
* Gatal pada tenggorokan
* Nyeri pada perut
* Perut menjadi keroncongan
* Terjadi mual muntah dan diare
* Perut kembung, kram.
* Gatal pada mulut, mata, kulit tenggorokan atau lokasi lainnya.
* Sakit kepala
* Hidung meler atau tersumbat dan nafas bengek.
* Serta bisa terjadi kesulitan dalam menelan makanan.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Obat Alergi & Intoleransi Makanan" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pengobatan Penyakit - Pengobatan123.com, dalam kategori Alergi. Melalui permalink http://pengobatan123com.blogspot.com/2013/03/obat-alergi-intoleransi-makanan.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Selasa, 26 Maret 2013, pukul 13.35. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

alt/text gambar

Post Pilihan 3