Obat Efusi Pleura



Iklan Single (Bawah Judul)


Definisi dan Pengertian Efusi Pleura

Pleura adalah sebuah rongga yang letaknya diantara selaput yang melapisi rongga dada dan paru-paru. Efusi Pleura adalah pengumpulan cairan yang terjadi didalam rongga pleura ini. Ketika dalam kondisi yang normal, seharusnya hada ada semacam lapisan cairan yang tipis dan memisahkan kedua lapisan pada pleura. Cairan yang kemudian karena suatu sebab bisa terkumpul di dalam rongga pleura ini bisa berupa nanah, cairan menyerupai susu, darah atau juga cairan yang mengandung kolesterol tinggi.

Penyebab Efusi Pleura

Pengumpulan darah (Hemotoraks) dalam ronga pleura bisa terjadi karena:
* Adanya cedera yang terjadi pada lokasi dada,
* Karena pecahnya pembuluh darah,
* Kebocoran aneurisma aorta,
* Karena pembekuan darah yang mengalami gangguan.

Pengumpulan nanah (Epiema) pada rongga pleura bisa disebabkan karena pneumonia, abses paru yang kemudian menyebr masuk ke dalam rongga pleura. Kondisi ini bisa disebabkan karena:
* Penyakit pneumonia,
* Sedang terjadi pembedahan dada.
* Bagian dada mengalami infeksi.
* Kerongkongan pecah.
* Karena adanya abses pada perut.

Pengumpulsan cairan yang menyerupai susu (kilotoraks), bisa disebabkan karena:
* Cedera pada saluran getah bening pada dada.
* Penyumbatan saluran getah bening karena tumor.

Sedangkan pengumpulan cairan pada rongga pleura yang mengandung kolesterol tinggi bisa karena efusi pleura kronis (menahun) dan juga bisa karena penyakit TBC atau artritis rematoid.

Penyebab efusi pleura lainnya bisa karena berbagai macam penyakit seperti gagal jantung, pankreatitis, tumor, emboli paru dan lainnya.

Gejala Efusi Pleura

Gejala yang paling sering akibat pengumpulan cairan pada rongga pleura adalah nyeri dada dan sesak nafas. Nyeri bersifat tajam, dan semakin memburuk ketika sdang menarik nafas dalam atau sedang batuk. Gejala lainnya bisa berupa nyeri pada perut, cegukan, nafas menjadi lebih cepat, tetapi kadang gejala tidak dirasakan penderitanya.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Obat Efusi Pleura" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pengobatan Penyakit - Pengobatan123.com, dalam kategori Penyakit Jantung, Penyakit Paru-paru. Melalui permalink http://pengobatan123com.blogspot.com/2013/03/obat-efusi-pleura.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Selasa, 26 Maret 2013, pukul 13.35. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

alt/text gambar

Post Pilihan 3