Obat Karies Gigi (Kavitasi)



Iklan Single (Bawah Judul)

Definisi dan Pengertian

Obat Karies Gigi (Kavitasi) - Ini adalah penyakit gigi akibat terjadi pembusukan pada bagian dalam gigi. Pada awalnya bagian email gigi (bagian terluar dan keras) larut secara bertahap, kemudian semakin berkembang dan semakin masuk ke dalam gigi. Bila ini tidak ditangani, maka bisa menyebabkan gigi menjadi tanggal atau lepas.

Penyebab Karies Gigi (Kavitasi)

Beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab Karies Gigi antara lain adalah:
* Pada orang yang memiliki jenis gigi yang peka atau sensitif, yaitu pada jenis gigi yang kandungan fluornya sedikit, ada lubang pada gigi, dan terdpat alur atau lekukan pada gigi yang kemudian bisa menahan plak.
* Karena bakteri, di dalam mulut seseorang secara alami akan banya kterdapat berbgaai jenis bakteri, dan yang kemudian bisa menyebabkan Karies Gigi adalah jenis bakteri Streptococcus mutans.
* Bila ada sisa makanan yang tertingal dalam gigi dan tidak dibersihkan.

Pembusukan pada gigi bisa terjadi pada beberapa bagian yaitu:

* Pembusukan gigi pada bagian permukaan.
Ini adalah jenis gangguan pada gigi yang paling bisa untuk diperbaiki atau dicegah, biasanya mulai terjadi sejak seseorang berusia antara 20 sampai 30 tahun. pertumbuhan karies gigi ini berlangsung secara lambat, diawali dengan adanya bintik putih pada email, ini adalah bakteri yang kemudian bisa melarutkan kalsium dari email gigi.

* Pembusukan pada lokasi lubang gigi atau lekukan gigi.
Ini bisa dimulai sejak seseorang berusia belasan tahun, perkembangannya lebih cepat dan terjadi pada gigi tetap. Terjadi pada sekitar gigi belakang, dimana terdapat lekukan gigi yang berlokasi sempit di permukaan tempat mengunyah dan pada bagian gigi yang menempel pada pipi. Lokasi gigi tersebut akan sulit dibersihkan dengan menggunkana sikat gigi.

* Pembusukan pada akar gigi.
Ini bisa terjadi sejak seseorang berusia pertengahan akhir. Ini bisa karena daerah akar gigi yang susah dibersihkan dan juga karena faktor makanan yang banyak mengandung gula. Dan ini adalah jenis pembusukan gigi yang paling susah untuk dicegah.

* Pembusukan dalam email gigi.
Terjadi secara perlahan pada lapisan paling luar gigi. Kemudian pembusukan akan berkembang dan semakin masuk melewati dentin, dan menyebar ke pulpa, dimana ini adalah lokasi paling dalam dan terdapat pembuluh darah serta saraf. Ini bisa berlangsung selama beberapa tahun, untuk menembus email sekitar 2 sampai 3 tahun dan selanjutnya untuk bisa melewati dentin masuk ke dalam pula membutuhkan waktu selama 1 tahun.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Obat Karies Gigi (Kavitasi)" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pengobatan Penyakit - Pengobatan123.com, dalam kategori Penyakit gigi. Melalui permalink http://pengobatan123com.blogspot.com/2013/03/obat-karies-gigi-kavitasi.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Jumat, 15 Maret 2013, pukul 23.43. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

alt/text gambar

Post Pilihan 3