Obat Perikarditis Kronis - Penyakit Jantung



Iklan Single (Bawah Judul)

Definisi dan Pengertian Perikarditis Kronis

Ini adalah peradangan yang terjadi pada lokasi kantung jantung atau perikardium, yang bisa menyebabkan penimbunan cairan pada kantung jantung, atau menyebabkan kantung jantung menebal yang akan terjadi secara bertahap dalam waktu yang relatif lama.

Pada Perikarditis Kronis, secara perlahan-lahan cairan akan terkumpul di dalam perikardium (kantung jantung). Secara pasti penyebab jenis ini belum diketahui dengan jelas, tetapi kemungkinan karena adanya penyakit TBC, pertumbuhan kanker, dan juga bisa disebabkan karena fungsi kelenjar tiroid yang menurun.

Perikarditis konstriktif kronis, ini adalah jenis penyakit yang lebih jarang terjadi, bila terjadi biasanya karena terbentuk jaringan fibrosa pada sekitar jantung. Jaringan fibrosa ini akan bisa bertahan selama beberapa tahun, kemudian terjadi peningkatan tekanan pada jantung, dan bisa membuat ukuran jantung menjadi lebih kecil. Kemudian bisa terjadi penumpukan cairan di dalam perut, dibawah kulit dan bisa juga pada rongga di sekitar paru-paru.

Penyebab Perikarditis Kronis

Pada waktu lalu, Perikarditis konstriktif kronis penyebab utamanya adalah karena penyakit TBC, untuk saat ini penyebab karena penyakit inijarang terjadi. Sedang di negara tertentu, seperti India dan Afrika, semua jenis Perikarditis kebanyakan disebabkan oleh penyakit tuberkulosis.

Penyebab Perikarditis konstriktif kronis sekarang ini kebanyakan adalah karena terjadi infeksi oleh viru, atau akibat dari terapi penyinaran untuk pengobatan kanker payudara dan limfoma.

Selain itu, Perikarditis konstriktif kronis juga akibat lain yang disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:
* Penyakit artritis rematoid.
* Karena ada cedera
* Penyakit lupus eritematosus sistemik
* Akibat adanya pembedahan pada jantung.
* Terjadi infeksi oleh bakteri.

Gejala Perikarditis Kronis

Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh Perikarditis Kronis antara lain:
* Penderita akan merasakan sesak nafas dan batuk.
* Tubuh menjadi kelelahan karena kerja jantung yang terganggu.
* Biasanya tidak disertai dengan rasa nyeri.
* Terjadi penimbunan cairan, bisa pada tungkai atau pada perut.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Obat Perikarditis Kronis - Penyakit Jantung" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pengobatan Penyakit - Pengobatan123.com, dalam kategori Penyakit Jantung. Melalui permalink http://pengobatan123com.blogspot.com/2013/03/obat-perikarditis-kronis-penyakit.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Senin, 18 Maret 2013, pukul 10.31. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

alt/text gambar

Post Pilihan 3